Search
Close this search box.
Berita Terbaru
PJ Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana Respon Viralnya Video Dukungan Kades di Pati ke Calon Gubernur dan Calon Bupati.

SEMARANG, LINTASGROBOGAN.COM-Tentang Viralnya video puluhan kepala desa di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mendukung Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi Sebagai Cagub Dan Mendukung Sadewa Sebagai Cabup Pati Dalam Pilkada 2025, belakangan ini.

Merespons hal itu, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan persoalan itu tidak menjadi urusannya.

“Waduh, itu bukan urusan saya ini ya,” tutur Nana, usai menghadiri Rapat Koordinasi Pemantapan Isu Strategis Jelang Pilkada Serentak di Front One HK Resort, Semarang,(26/6/2024).

Kendati demikian, dia menegaskan bila aparatur sipil negara (ASN) memang dilarang terlibat politik praktis.

Larangan itu telah disampaikan kepada seluruh ASN di Jateng melalui surat edaran.

“Imbauan sudah kami lakukan. Kami sudah buat surat edaran, memang ASN harus netral.

ASN memang pada pelaksanaan nanti boleh memilih kan, tetapi ASN tidak terlibat dalam pelaksanaan politik praktis,” tegas Nana.

Sementara untuk penetapan video kades Pati itu melanggar netralitas atau tidak, pihaknya menyerahkan urusan tersebut kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Video kepala desa mungkin ini yang lebih berhak ini dari Bawaslu ini ya, yang akan menilai ini nanti dari Bawaslu. apakah itu ada pelanggaran atau tidak,” ujar dia.

Namun, pihaknya mengaku akan mendalami kasus tersebut dan terus mengawal hingga masalah tuntas.

Kemudian, memberi arahan baik kepada ASN terlibat sekaligus mengingatkan kembali pentingnya netralitas ASN.

“Tetapi, dalam hal ini kami pun coba akan mempelajari kembali dan kami akan memberikan arahan baik tertulis maupun langsung.

Aturan-aturan yang boleh dilaksanakan dan yang tidak boleh dilaksanakan,” kata dia. Menurutnya, bila memang terbukti melanggar, maka ASN harus menerima sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Ya kalau yang melanggar ya tentunya jelas di ASN itu ada sanksinya gitu kan, tetapi dalam hal ini nanti yang akan menilai dari Bawaslu,” ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, beredar video deklarasi dukungan kepala desa di Kabupaten Pati kepada Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam Pilgub Jateng 2024.

Dalam video yang beredar di media sosial, sejumlah kades mengenakan baju dinasnya di lapangan terbuka berteriak lantang untuk mendeklarasikan dukungan kepada calon Bupati Pati dan Ahmad Luthfi.

“Kami kepala desa se-Kabupaten Pati dengan ini mendukung penuh kepada Bapak Sadewa untuk menjadi Bupati Pati dan kepada Bapak Ahmad Luthfi untuk menjadi Gubenur Jateng periode 2024-2029,” ucap para kepala desa dalam video.(lintasgrobogan.com./sbr Pemprov Jateng).

Share
WhatsApp
Facebook
Twitter